Economist Intelligence Unit (EIU) Melakukan Worldwide Cost Living of Surveys. Hasilnya Singapura Menjadi Kota dengan Biaya hidup Termahal di Dunia untuk Kelima Kalinya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Economist Intelligence Unit (EIU) kembali melakukan riset mengenai kota termahal di dunia. Singapura terpilih untuk kelima kalinya. Kalau Jakarta, kira-kira menurut kamu masuk daftar nggak ya?

EIU melakukan lagi Worldwide Cost Living of Surveys. Riset meneliti biaya hidup di sebuah kota dengan membandingkan harga dari 400 item dari 160 produk dan layanan di 93 negara.

Riset ini dibuat untuk membantu perusahaan-perusahaan untuk menghitung tunjangan hidup dan paket kompensasi untuk ekspatriat dan para pebisnis.

Baca juga: Sewa Hunian di Singapura Lebih Mahal dari Hong Kong dan Tokyo?

Singapura terpilih untuk kelima kalinya. Negara kota ini bersaing dengan sejumlah kota di Eropa dan Asia lainnya.

Singapura meraih poin sama dengan Paris yang juga ibu kota Prancis dan Hong Kong yang merupakan kawasan khusus China. Ketiganya meraih 107 poin.

Posisi empat hingga sepuluh diduduki oleh Zurich (Swiss), Jenewa (Swiss), Osaka (Jepang), Seoul (Korea Selatan), Copenhagen (Denmark), New York (Amerika Serikat), Tel Aviv (Israel), dan Los Angeles (Amerika Serikat).

Baca juga: Volvo Uji Coba Bus Listrik Tanpa Sopir di Singapura, Truz Jakarta Kapan Ya

Ada sejumlah perubahan dari tahun lalu. New York dan Los Angeles sempat terlempar dari 10 besar pada tahun lalu.

Sementara itu, sejumlah kota di Asia mengalami kenaikan peringkat akibat mahalnya bahan kebutuhan pokok. Meski begitu, sejumlah kota di Asia masih tergolong kota dengan pengeluaran hidup termurah.

Alhamdulillah kalau Jakarta nggak masuk 10 kota termahal di dunia ya. Kalau masuk daftar, kamu mau pindah kota nggak?

Baca juga: Bandara Singapura Miliki Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia, Wah Kalah Nih Indonesia

Bagikan: 1918 kali