Kamar mandi rumah tak seperti ruangan lainnya yang bisa ditata ulang kapan saja. Untuk itu, ketahui dulu 10 hal dasar seputar kamar mandi rumah berikut ini!

kamar mandi rumah - rumah123.com Kamar mandi tak seperti ruangan lainnya yang bisa ditata ulang kapan saja karena banyak elemen yang telah diinstalasi secara permanen (Rumah123.com/ Getty Images)

Dalam membangun rumah, kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang memerlukan perhatian khusus saat dibangun. Pasalnya, kamar mandi tak seperti ruangan lainnya yang bisa ditata ulang kapan saja. Beberapa elemen seperti kloset, wastafel, ruangan shower, hingga bathub, telah terinstalasi secara permanen. 

Salah sedikit saja dalam pembuatan maupun penataannya, perombakan yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Untuk itu, sebaiknya kamu ketahui dulu 10 hal dasar seputar kamar mandi rumah berikut ini!

Ukuran minimal kamar mandi

Secara ilmu arsitektur, tidak ada luas ukuran yang mengikat untuk sebuah kamar mandi. Ukuran idealnya tergantung dari kebutuhan pengguna dan perlengkapan yang akan dimasukkan ke dalamnya. Misalnya kamar mandi yang hanya terdiri dari toilet dan shower, cukup memiliki panjang 1,2 m dan lebar 1,5 m. 

Baca juga: Wujudkan Kamar Mandi Mewah dengan Bujet Murah, Cuma Rp 11 Juta!

Penyebab WC mampet dan solusinya

Salah satu penyebab WC mampet adalah masuknya benda asing yang sulit terurai. Misalnya seperti tisu atau pembalut. Proses penguraian kotoran yang tak optimal juga bisa membuat septictank penuh. Cara mengatasinya, bisa dimulai dengan menuangkan sabun cuci piring ke dalam lubang kloset. Kamu juga bisa menggunakan baking soda dan cuka agar kotoran penyebab mampet luruh dan hancur. Apabila masih belum berhasil, panggil jasa sedot WC. 

Penyebab bau tak sedap dan solusinya

Bau tak sedap bisa hadir dari bakteri pengurai di kamar mandi hilang, sehingga muncul zat amonia yang menyebabkan bau. Biasanya, membuang air sabun ke kloset adalah salah satu penyebabnya. Maka dari itu, hindari membuang air sabun mandi ke kloset. Untuk menetralisir bau, gunakan air kopi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Shower Kamar Mandi

Pemasangan exhaust fan pada kamar mandi

Apabila kamar mandi memiliki tingkat kelembaban tinggi, maka kehadiran exhaust fan sangat diperlukan. Sebab, tanpa exhaust fan di kamar mandi yang sirkulasi udaranya buruk, kemungkinan untuk timbulnya bau tak sedap akan sangat besar. 

Mencegah lantai licin pada kamar mandi

Lantai kamar mandi yang licin tentunya akan sangat berbahaya, terutama jika ada lansia di rumah. Untuk menghindari lantai licin, kamu bisa memilih pelapis lantai yang bertekstur dan memiliki kemiringan 1% sehingga air di atas lantai cepat mengering. Bersihkan lantai secara rutin supaya kotoran tak melekat. 

Menghilangkan lumut dan jamur pada kamar mandi

Area kamar mandi yang sering basah dan ventilasi udara yang kurang berfungsi membuat lumut dan jamur tumbuh subur. Apabila lumut dan jamur tumbuh di bak mandi, sebaiknya kamu mengganti bak dengan shower. Jika tumbuh di dinding, lumuri dinding dengan fungisida, lalu bersihkan dinding dan cat ulang dengan cat anti jamur. 

Mengatasi serangga yang sering masuk melalui lubang buangan

Kondisi kamar mandi yang lembab tak cuma menghadirkan lumut dan jamur, tapi juga serangga seperti kecoa dan kelabang. Untuk mengatasinya, siram saluran air dengan air panas dan gunakan kapur serangga. 

Cara supaya kamar mandi yang minim ventilasi tak lembab

Jika kamar mandi punya ventilasi udara yang baik, tingkat kelembaban bisa berkurang. Tapi bagaimana jika kamar mandi minim ventilasi? Kamu bisa mengurangi jumlah air di kamar mandi dengan mengganti bak menjadi shower. Pemasangan exhaust fan juga bisa jadi solusi.

Mencegah kaca ruangan shower cepat kusam

Kaca ruangan shower yang terus-terusan terkena air dan sabun pasti akan menjadi kusam. Untuk mencegahnya, buka pintu kaca shower setiap kamu selesai menggunakannya. Tapi apabila kaca sudah terlanjur kusam, gunakan cairan pembersih kaca untuk menghilangkan bercak yang mengering.

Pemilihan septictank 

Banyak orang yang bingung memilih septictank konvensional atau bio septictank. Salah satu kelebihan bio septictank adalah cepat proses pemasangannya dan potensi bocornya kecil. Namun, harganya memang cenderung lebih mahal. 

Bagikan: 1577 kali