OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Daftar Negara Paling Rasis di Dunia. Hati-hati Jika ke Sana!

19 Juli 2022 · 4 min read Author: Kartika Ratnasari

Paham rasisme atau rasialisme tentu menjadi catatan kelam bagi seluruh bangsa di dunia ini.

Paham yang membedakan bentuk fisik, ras dan warna kulit ini sudah beberapa kali membuat konflik yang berkepanjangan sepanjang peradaban masyarakat dunia.

Oleh karena itu paham rasisme di zaman sekarang ini termasuk paham ekstrimis yang harus ditiadakan oleh semua bangsa.

Namun begitu, ternyata di era teknologi dan kesetaraan pada zaman sekarang ini, masih banyak paham rasisme yang berkembang di beberapa negara.

Berikut adalah daftar negara paling rasis di dunia berdasarkan survey global

1. Amerika Serikat

negara paling rasis

Meskipun negara Amerika Serikat atau disingkat USA sekarang adalah negara adidaya, hal itu tidak membuat negara mereka bebas dari paham rasisme.

Seperti yang kita ketahui di masa lampau, USA merupakan salah satu negara paling rasis di dunia dan mereda setelah Abraham Lincoln naik menjadi Presiden USA ke 16.

Namun tampaknya hal tersebut tidak serta merta membuat USA sekarang menjadi bebas dari rasisme.

Bahkan kasus rasisme terbaru seperti kematian penduduk berkulit hitam, Breonna Taylor, Jacob Blake dan George Floyd di tangan polisi berkulit putih di tahun 2020 tentu menambah panjang daftar catatan kelam USA akan rasisme sekaligus menandakan paham rasisme masih tumbuh subur disana..

2. Ukraina

Rasisme di Ukraina sedikit berbeda dengan apa yang terjadi di USA.

Kalau di USA yang dititik beratkan adalah warna kulit, di Ukraina lebih menyudutkan kepada kaum etnis minoritas dan kaum LGBT.

3. Israel

israel

Negara yang tengah berseteru dan menjajah Palestina ini juga merupakan negara paling rasis di dunia.

Bagaimana tidak? Hingga saat ini mereka masih terus melakukan genosida terang terangan kepada negara tetangga mereka yaitu Palestina.

Israel terus menerus melancarkan serangan bertubi tubi kepada Palestina mulai dari tahun 2008 – 2021 hingga merenggut lebih dari 5000 nyawa warga Palestina mulai dari anak anak, orang dewasa hingga lansia.

Sadis sekali bukan?

4. Myanmar

Negara Myanmar adalah salah satu negara dengan jumlah etnis terbanyak di dunia yaitu sekitar 100 etnis yang diakui.

Meskipun begitu, negara ini kental dengan paham rasismenya yang ditunjukan oleh kekerasan pemerintah militernya kepada masyarakat muslim Rohingya.

Genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap masyarakat muslim Rohingnya ini seolah tidak ada jalan keluar.

Mereka diperlakukan seperti warga negara kelas dua dan tidak diakui kenegaraannya serta tidak diberikan akses kesehatan, akses kesejahteraan dan lain sebagainya.

5. Slovakia

Sumber : Cosmopolitan.co.uk

Negara Slovakia adalah salah satu negara yang punya konstitusi yang menjamin hak asasi manusia di berbagai kegiatan bermasyarakat dan bernegara.

Namun begitu praktek di lapangannya terkadang tidak menunjukkan hal tersebut.

Negara Slovakia tercatat sudah berkali kali melakukan rasisme kepada orang orang Roma. dan gerakan anti semitis lainnya.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan sumber daya minyak yang sangat banyak.

Namun begitu negara dengan mayoritas penduduk muslim ini tampaknya masih berjuang menghadapi rasisme di negaranya.

Organisasi hak asasi manusia Internasional telah berulang kali menghukum negara UEA karena melakukan diskrimnasi dan kekerasan terhadap pekerja migran dari Asia Selatan, Asia Tenggara dan Filipina.

7. Sri Lanka

sri lanka

Negara Sri Lanka merupakan negara kecil yang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Namun begitu isu rasialisme masih menjadi PR bagi pemerintah negara Sri Lanka, perang yang berakhir tahun 2009 masih menyisakan konflik antara masyarakat Sinhala dengan populasi minoritas tamil dan muslim.

8. Saudi Arabia

Saudi Arabia merupakan negara yang terkenal karena Ka’bah dan Masjid Nabawi yang merupakan bangunan sakral pusat ibadah masyarakat beragama Islam di seluruh dunia.

Namun begitu, negara ini masih berjuang menghadapi rasisme yang terjadi khususnya pekerja migran.

Kasus yang terkenal dan menimpa warga negara Indonesia beberapa waktu lalu ialah Surani, TKW asal Sragen yang disekap dan tidak diberi makan berhari hari oleh majikannya di Saudi Arabia, selain kasus Surani masih banyak laporan kekerasan TKW asal Indonesia di Negara Saudi Arabia.

9. Serbia

serbia

Sama seperti Slovakia, negara Serbia merupakan negara yang masih berjuang menghadapi rasisme khususnya rasisme terhadap orang orang Roma.

10. Qatar

Kasus rasisme yang terjadi di Qatar kalau boleh dibilang mirip dengan yang terjadi di Saudi Arabia.

Kasus kekerasan dan ketidakadilan terhadap pekerja migran masih menjadi sorotan di sana.

Seperti contohnya kasus Ranti, TKW asal Indramayu yang tertahan 13 tahun di Qatar karena tidak bisa pulang dan tidak digaji oleh majikannya di Qatar dan Wasitri, TKW asal Jawa Tengah yang disiksa oleh majikannya di Qatar serta masih banyak lagi kasus penyiksaan TKW Indonesia di negara tersebut.

Bagaimana menurut kamu?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!

Simak juga artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com!


Tag: ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA