Eropa Barat merupakan salah satu wilayah yang kerap dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, terlebih akan kemajuannya maupun keunikannya.

Untuk diketahui, wilayah Eropa ini merupakan tempat yang dikenal maju dari berbagai aspek, baik perdagangan, pariwisata hingga teknologi.

Oleh sebab itu, Eropa Barat juga menjadi pusat peradaban di wilayah Uni Eropa yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Selain itu, sistem pendidikan di Eropa ini juga sangat baik, sehingga banyak mahasiswa internasional yang mengenyam pendidikan di negara ini.

Lantas, negara mana saja yang dikategorikan sebagai wilayah Eropa Barat? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Negara Eropa Barat Terlengkap, Kamu Wajib Tahu

Berdasarkan definisi PBB, bagian ini memiliki pemahaman terhadap liberalisme dan kapitalisme sebagai paham dasar yang kuat.

Kamu bisa cari tahu beberapa negara yang bisa dikunjungi setelah proses vaksinasi dan pembukaan wilayah berikut ini : 

1. Austria 

austria Sumber: Kumparan.com

Perlu diketahui, Austria merupakan salah satu negara di Eropa Barat yang tidak memiliki batas lautan, namun terhimpit oleh perbatasan beberapa pegunungan, termasuk Alpen.

Negara ini juga kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena masih menyimpan berbagai peninggalan sejarah masa lampau, khususnya perang dingin.

Meski berada di bagian barat, Austria merupakan salah satu negara yang cukup berdekatan dengan perbatasan Eropa Timur.

Vienna dan Salzburg merupakan dua wilayah di Austria yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

2. Belanda 

Negara yang perna menjajah Indonesia 3,5 abad ini dikenal memiliki tata kota yang sangat baik, khususnya dalam bentuk kanal dan drainase air yang memadai.

Pasalnya, negara ini setiap tahunnya kerap mengalami degradasi tanah yang membuat wilayah ini terus menurun di bawah permukaan laut.

Selain berada di bawah permukaan laut, Belanda juga dikenal sebagai negara pesepeda yang sangat ramai, bahkan menjadi salah satu transportasi yang penting.

Saat ini, kerajaan Belanda berpusat di Den Haag namun Amsterdam tetap berperan sebagai kota metropolitan.

3. Belgia 

Ghent, Belgium Sumber: jobs.ac.uk

Berada di perbatasan antara Perancis dan Belanda, Belgia memiliki peranan yang sangat penting di Uni Eropa.

Pasalnya, Belgia merupakan pusat dari Uni Eropa, sehingga segala aktivitas operasional sepenuhnya dilakukan di negara ini.

Adapun, Ibukota Belgia berada di Brussels yang juga cukup dekat dengan Perancis, bahkan wilayah ini juga memiliki pusat kota tua yang masih sangat kental.

4. Inggris 

Meski Brexit telah bergeming, namun Inggris sejatinya berada dalam geografis di Eropa Barat bahkan sebagai negara tersendiri yang cukup kuat.

Negara yang terpisah dengan wilayah Schengen ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Ada beberapa wilayah yang bisa dikunjungi, mulai London, Manchester dan lainnya, bahkan kamu bisa mengelilingi Britania Raya sebagai destinasi terbaik dengan cuaca sejuk.

5. Jerman 

jerman Sumber: Klikdokter.com

Pada masa perang dunia,  Jerman merupakan salah satu tokoh sentral terlebih menjadi pembatas antara Blok Barat dan Blok Timur.

Setelah pembongkaran tembok berlin, negara ini kian maju mulai dari teknologi sampai dengan ekonominya.

Adapun, kemajuan teknologi Jerman menjadikan negara ini sebagai pilihan terbaik untuk para insinyur yang ingin mencari pengalaman terdepan.

6. Liechtenstein 

Berdekatan dengan Jerman, Liechtenstein merupakan salah satu negara kecil yang berdekatan dengan Sungai Rhein.

Tak hanya berdekatan dengan Sungai Rhein, Liechtenstein juga juga berbatasan dengan Swiss maupun Austria.

Sebagai negara yang terhimpit, Liechtenstein kerap menggunakan aksen Jerman, namun administrasi politiknya bergantung pada Swiss.

7. Luksemburg

Luksemburg Sumber: CNN

Untuk diketahui, sebelum adanya Visa Schengen bagi Uni Eropa, Luksemburg merupakan salah satu pihak yang memotori adanya Benelux yakni Belgia, Nederland, dan Luksemburg.

Mirip seperti Lichtenstein, Luksemburg memiliki teritori wilayah yang sepenuhnya berada di semenanjung Perancis dan Jerman.

Secara umum, Luksemburg memiliki luas kurang lebih 2,586 kilometer persegi yang dipimpin oleh seorang raja.

8. Monako 

Mirip seperti bendera Indonesia, Monako merupakan negara di Eropa Barat yang paling kecil di bahkan juga salah satu yang terkecil di Dunia.

Secara umum, Monako berbatasan dengan dua negara yakni Italia dan Perancis, yang sepenuhnya memiliki iklim mediterania dan berdekatan dengan laut.

Untuk memenuhi perekonomian di negara kecil ini, Monako menggantungkan diri sepenuhnya terhadap pariwisata, mulai perhotelan, kasino sampai dengan acara balap F1.

9. Perancis 

prancis Sumber: ABC News

Selain Jerman, Perancis merupakan negara Eropa Barat yang sangat besar baik dari sisi luas wilayah maupun jumlah kepadatan penduduknya.

Negara ini juga memiliki keindahan penuh makna, mulai dari Paris sebagai kota mode, Marseille sebagai kota pelabuhan, dan juga Pyrenees yang menjadi salah satu puncak tertinggi di Eropa.

Adapun, negara ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia yang baru menginjakkan kaki di benua biru.

10. Swiss 

Negara yang berdekatan dengan Pegunungan Alpen ini merupakan salah satu daerah netral di wilayah Eropa Barat.

Pasalnya, negara ini tiga bahasa yang berbeda baik Bahasa Perancis, Jerman, dan Italia yang saling berbatasan.

Kamu bisa menemukan aksen Jerman di wilayah dekat Zurich, kemudian aksen Perancis di wilayah Jenewa dan Italia pada wilayah St. Moritz.

Demikian beberapa daftar negara Eropa Barat terlengkap yang bisa kamu kunjungi setelah seluruh border telah dibuka.

Temukan berbagai inspirasi rumah terbaik, selengkapnya di Rumah123.

"Berencana cari hunian idaman? Kamu bisa cek Primerose Condovilla selengkapnya."
Bagikan:
677 kali