cara menghilangkan ngantuk  

Mengantuk di saat sedang beraktivitas sudah jadi hal wajar, namun kadang bisa menimbulkan masalah pas waktu kerja. 

Biasanya setelah kamu mengambil istirahat makan siang, mata rasanya jadi lebih berat dan bawaan ingin tidur sulit untuk dilawan. 

Bergantung dengan dorongan kafein dari kopi juga tidak baik untuk tubuh dan tentu saja bisa cukup menguras kantong. 

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja 

Kalau kamu sering mengalami masalah untuk terjaga dan fokus saat bekerja, coba salah satu cara menghilangkan ngantuk ini. 

1. Cara agar tidak ngantuk yang pertama, jalan-jalan sebentar sebelum mulai kerja 

Memang tak bisa dipungkiri kalau habis mengisi perut kamu jadi lebih mudah mengantuk sebagai respon alami tubuh untuk dapat memfokuskan energi mengolah makanan. 

Daripada akhirnya kamu malah menjadikan meja kerja jadi kasur baru, cobalah untuk jalan-jalan sebentar selama 5-10 menit mengelilingi area kantor. 

Dengan melakukan pergerakan ringan seperti berjalan, tubuh akan kembali aktif sehingga kamu bisa kembali fokus sebelum mulai bekerja. 

Baca juga: 6 Inspirasi Ruang Kerja Minimalis yang Bikin Kamu Makin Produktif

2. Cara menghilangkan kantuk yang paling mudah dilakukan adalah dengan membiarkan cahaya matahari menyinarimu

Walaupun cahaya matahari tidak akan memberikan efek fotosintesis untuk membuat makanan layaknya tanaman, kamu bisa memanfaatkan sebagai cara menghilangkan kantuk.

Pastikan ruang kerjamu mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup untuk mencegah terbentuknya hormon melatonin yang bisa membuatmu mengantuk. 

3. Cara menghilangkan ngantuk dengan posisi duduk 

Banyak dari kita yang sekarang menjalani aktivitas pekerjaan dari rumah dan godaan kasur jadi salah satu tantangan paling besar untuk tetap produktif. 

Ide bekerja sambil selonjoran memang menggoda, tapi yakinlah posisi tersebut akan membuatmu terbuai dan justru berakhir jadi putri tidur dalam sekejap. 

Dilansir dari Healthline, posisi duduk tegap lurus bisa mendorong sistem saraf simpatis untuk membuatmu tetap terjaga selama bekerja. 

4. Minum air putih yang cukup bisa mengatasi ngantuk berat

Rutin mengonsumsi air putih tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat lainnya termasuk membantumu fokus. 

Pasti ingat dengan iklan salah satu merek air mineral yang bilang kalau kurang fokus bisa disebabkan cairan tubuh yang berkurang. 

Jadi selalu pastikan untuk minum minimal delapan gelas air putih setiap hari yah! 

5. Gula merupakan salah satu penyebab ngantuk. Kurangi!

Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kamu mudah mengantuk bisa digantikan dengan alternatif lain yang lebih sehat tanpa efek lelap. 

Kalau kamu suka ngemil, khususnya makanan manis, maka sudah waktunya untuk mulai menghentikan kebiasaan ini. 

Makanan dan minuman manis akan membuat gula darah meningkat dan akan membuatmu jadi lebih mudah mengantuk.

6. Cara agar tidak ngantuk dengan mengonsumsi makanan sehat

Sebagai alternatif cemilan atau minuman manis, tips yang bisa kamu coba adalah dengan mengatur pola makan yang lebih sehat. 

Cara mengurangi kantuk ini bukan hanya dari apa yang kamu konsumsi saja, namun juga frekuensi makan yang lebih baik sedikit tapi sering, daripada sekali lahap langsung banyak. 

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Noda Pada Baju Putih dengan Bahan di Rumah

7. Cara mengatasi ngantuk di pagi hari dengan menarik napas dalam-dalam 

Jika kamu sudah terlanjur menikmati makanan berat yang berpotensi bikin kamu mengantuk maka cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. 

Cara menghilangkan ngantuk ini efektif untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta mendukung sinergi tubuh dan otak yang lebih baik. 

8. Penyebab ngantuk bisa jadi karena rasa bosan. Segera ubah rutinitas pekerjaan 

Rasa bosan yang ditimbulkan dari rutinitas monoton bisa membuatmu jadi lebih mengantuk karena kurangnya stimulasi dari luar. 

Cobalah untuk mengubah rutinitas pekerjaan dengan melakukan tugas dengan cara berbeda, misalnya pindah tempat atau dengan urutan yang berbeda. 

Dengan demikian otakmu jadi lebih aktif untuk beradaptasi dengan rutinitas baru yang mampu menghindarkan rasa kantuk.  

9. Obat ngantuk terbaik adalah dengan mendengarkan musik ceria 

Manfaat mendengarkan musik tidak cuma bisa bikin kamu jadi lebih rileks dan meningkatkan mood, kemampuan fokus juga dapat terjaga dengan baik. 

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini berbeda antara satu orang dan lainnya. 

Bisa saja ada yang justru lebih menyukai ketenangan karena merasa mudah terganggu saat mendengarkan musik. 

Pastikan kalau pilihan lagu yang didengarkan bukan lagu sedih atau genre balada yang malah bikin kamu terbuai hingga ke alam mimpi.

10. Istirahatkan mata sejenak 

Mata yang lelah dan terasa berat akibat seharian di depan layar gadget membuat mudah mengantuk. 

Luangkan waktu sejenak setiap 30 menit untuk mengistirahatkan mata selama minimal 5-10 menit supaya kamu tetap bisa fokus.

Kamu juga bisa melakukan pijatan ringan di kening tepat di atas alis untuk melancarkan peredaran darah agar mata tidak kembali segar. 

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
600 kali