Foto: Rumah123/Realestate

Pergi liburan tapi hati was-was kondisi rumah bisa bikin kamu ga nyaman. Agar rasa cemas itu  ga mampir di pikiran dan hatimu, ada beberapa tips yang bisa kamu cermati. Coba periksa yang berikut ini:

 

Ke-1, Sebelum berangkat, periksa dan pastikan lagi bahwa semua hal yang berkaitan dengan listrik aman saat kamu tinggalkan. Cabutlah semua peralatan listrik di rumah yang ga digunakan (TV, komputer, kulkas, AC, dan lainnya) dari stop kontak. Matikan pula semua lampu di dalam ruangan.

 

Ke-2, Pastikan pula pintu dan jendela dalam kondisi terkunci. Tentunya dengan pengaman kunci yang baik. Maksimalkan dengan keamanan kunci ganda pada pintu dan jendela, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

 

Baca juga: Philips Lighting Buka Pusat Inovasi Pencahayaan di Jakarta

 

Ke-3, itipkan kunci cadangan rumah kepada orang yang bisa kamu percaya. Sehingga, bila ada keadaan darurat semisal kebakaran, maka barang-barang di rumahmu dapat mudah dievakuasi secara cepat. Jangan tinggalkan kunci cadangan di suatu tempat di bgian rumahmu, karena siapa tahu akan ditemukan oleh orang yang berniat buruk.

 

ke-4, Gunakan sensor cahaya pada pengaturan lampu teras rumah, sehingga secara otomatis lampu teras bisa mati saat siang dan menyala menjelang malam. Cara ini akan bisa mengecoh calon pencuri karena menyangka seakan-akan ada orang yang menjaga rumahmu.

 

ke-5, Pasang kamera CCTV dan alarm di tempat-tempat yang rawan pada rumahmu. Tempatkan CCTV pada pintu dan jendela. Bila sewaktu-waktu dibongkar pencuri, alat itu akan membunyikan sirine alarm yang segera mengundang perhatian tetanggamu.

 

Cara ini cukup ampuh untuk mengamankan rumah. Pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik dan terhubung dengan perusahaan jasa keamanan atau via internet yang dapat kamu pantau bahkan dari ponsel pintarmu.

 

Baca juga: Smartlock Rancangan BIG dan Friday Labs Ini Bikin Hunian Jadi Aman Loh!

 

ke-6, Cabutlah regulator kompor gas, untuk menghindari risiko kebakaran, akibat kebocoran yang terjadi oleh selang gas kompor.

 

Ke-7, Tutup dan matikanlah sementara keran PDAM, untuk menghindari pemborosan air yang berasal dari keran yang bocor.

 

Ke-8, Pastikan bahwa MCB atau circuit breaker pada rumah dalam kondisi baik. Hal ini sangat penting sebagai pengaman jaringan listrik rumahmu bilamana ada konsleting listrik atau hubungan arus pendek.

 

Baca juga:  Kenalan Yuk! Sama Kunci Rumah yang Harganya Rp16-20 Jutaan

 

Ke-9, Upayakan untuk tidak menyimpan perhiasan, surat-surat berharga, barang-barang berharga di rumah selama kamu dan keluarga berlibur. Gunakan jasa deposit box yang ada di bank, karena lebih terjamin keamanannya. Bila terpaksa meninggalkannya, simpanlah di suatu lokasi yang menurutmu ga bakal ditemukan pencuri.

 

Ke-10, Bila kamu punya hewan peliharaan, titipkan pada orang yang bisa kamu percaya atau gunakan jasa penitipan hewan. Jangan sampai sepulang dari berlibur, hewan kesayanganmu mati kelaparan.

Bagikan:
1698 kali