tol dalam kota- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Menyatakan Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Akan Disesuaikan Mulai 1 Februari 2020. Ada Tarif yang Naik, Ada juga Tarif yang Turun (Foto: Rumah123/Getty Images/REA Adobe Experience Manager)

Tarif Tol Dalam Kota akan memiliki tarif baru pada Februari 2020. Ada tarif yang naik, ada juga yang turun. Tarif untuk kendaraan pribadi naik.

Pemerintah akan menaikkan tarif Tol Dalam Kota mulai Sabtu, 1 Februari 2020. Tarif yang naik adalah ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

Situs berita online CNNIndonesia.com melansir bahwa penetapan tarif baru tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1231/KPTS/M/2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

Baca juga: Ruas Tol Terpanjang di Indonesia, Tol Terpeka Berbayar Mulai 2020

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit menyatakan pemerintah dan badan usaha pengelola tol akan melakukan sosialisasi tarif baru tol kepada masyarakat. Sosialisasi ini dilaksanakan agar masyarakat bisa mengetahui dan menerima kenaikan tarif tol.

Danang melanjutkan sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan terlebih dahulu. Dia berharap masyarakat bisa menerima penyesuaian tarif tol.

Pengelola Tol Dalam Kota Jakarta yaitu Jasa Marga dan Citra Marga Nusaphala Persada sudah melakukan sosialisasi melalui akun media sosial. Kedua perusahaan ini sudah mengelola tol tersebut sejak 1994.

Kenaikan Tarif Tol Disesuaikan dengan Perhitungan Tingkat Inflasi

Kenaikan tarif tol sebenarnya dilakukan secara rutin oleh pemerintah. Penyesuaian tarif tol ini dilaksanakan berdasarkan perhitungan tingkat inflasi.

Hal ini juga dilakukan untuk memperbaiki pelayanan pengelola jalan tol kepada konsumen. Kenaikan tarif tol dilakukan berkala.

Danang menyatakan penyesuaian tarif ini reguler. Ada tarif tol yang turun, ada juga yang naik. Penurunan tarif tol merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap kebijakan penurunan biaya logistik nasional.

Penyesuaian Tarif Tol Dalam Kota Mulai 1 Februari 2020

Tarif Tol Dalam Kota untuk ruas Cawang-Tomang-Pluit dan ruas Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit memang disesuaikan. Ada yang naik, ada yang turun.

Golongan I mengalami kenaikan Rp500. Tarif sebelumnya adalah Rp9.500. Tarif baru nantinya konsumen harus membayar Rp10 ribu. Golongan I adalah kendaraan pribadi.

Untuk golongan II mengalami kenaikan yang cukup besar yaitu Rp3.500. Tarif lama untuk golongan ini adalah Rp11.500, sementara tarif baru adalah Rp15 ribu.

Baca juga: Tol Pertama di Kalimantan, Tol Balikpapan-Samarinda Akhirnya Diresmikan

Golongan III mengalami penurunan Rp500. Tarif lama adalah Rp15.500. Sedangkan tarif baru untuk golongan ini adalah Rp15 ribu.

Penurunan juga dialami oleh golongan IV sebesar Rp2 ribu. Tarif lama golongan ini adalah Rp19 ribu, sedangkan tarif baru adalah Rp17 ribu.

Golongan V mengalami penurunan paling besar yaitu Rp6 ribu. Tarif lama golongan ini adalah Rp23 ribu, sementara tarif baru adalah Rp17 ribu.

Penurunan terjadi karena ada penyederhanaan golongan kendaraan. Penyederhanaan golongan kendaraan sudah dilakukan sejak 2018. Semula tarif tol dikenakan untuk lima golongan kendaraan. Sejak 2018, tarif tol hanya berlaku untuk tiga golongan kendaraan saja.

Baca juga: Tarif Tol Jagorawi Disesuaikan Mulai 19 Desember 2019

Bagikan:
1290 kali