Posisikan agar cahaya jatuh di atas meja kerja

 

Dalam menempatkan lampu di ruang kerja, Anda harus cermat. Pasalnya, jika salah penempatan akan berdampak  pada ketidaknyaman dalam bekerja.

 

Hal yang paling utama adalah kebutuhan di ruang kerja Anda. Apakah dipergunakan untuk menulis? Menggunakan komputer Atau menggambar di meja gambar? Nah, di area-area inilah Anda akan menempatkan task lighting

 

Untuk meja kerja, Anda dapat menggunakan lampu meja adjustable, atau downlight dari plafon. Posisikan agar cahaya jatuh di atas meja kerja. Cahaya yang jatuh di atas kepala Anda bisa menimbulkan bayangan di meja kerja. Secara psikologis Akan membuat Anda tidak nyaman.

 

Anda dapat menggunakan lampu fluorescent atau halogen untuk ini. Hal yang sama juga berlaku untuk pencahayaan di area komputer Anda. Jangan sampai ada pantulan cahaya di monitor karena bisa menimbulkan silau.

 

Tempatkan juga task lighting untuk lemari file atau lemari buku. Gunakan lampu adjustable yang dipasang di-ceiling. Usahakan arah cahaya membentuk sudut 30 derajat terhadap ceiling. Kalau Anda sering menggunakan meja gambar, sebaiknya Anda juga menambahkan lampu untuk area kerja Anda itu. Gunakan lampu TL yang cahayanya merata sehingga tidak ada kontras di bidang kerja Anda. Dengan semua usaha itu dijamin akan membuat Anda dapat bekerja lebih nyaman.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

Bagikan: 826 kali